Manfaat Positif dari Mengkonsumsi Gula Palem – Gula palem adalah salah satu jenis gula yang terbuat dari nira pohon palem. Pemanis alami ini dianggap lebih baik daripada gula biasa karena mengandung ragam nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Gula palem diolah wild bandito dengan cara yang relatif sederhana tanpa tambahan bahan kimia. Tak hanya membuat gula palem berwarna cokelat, cara pengolahan tersebut juga membuat kandungan nutrisi di dalam gula palem masih terjaga dengan baik. Meski hanya tersedia dalam kadar yang relatif kecil, gula palem mengandung serat inulin, ragam antioksidan, kalium, fosfor, zinc, zat besi, dan mangan. Tak hanya itu, gula palem juga memiliki indeks glikemik lebih rendah dibandingkan pemanis lainnya, seperti gula putih. Berkat kandungan nutrisinya tersebut, gula palem menawarkan sejumlah manfaat baik untuk kesehatan tubuh, di antaranya:

Menjaga Fungsi Sistem Saraf

Tak hanya menjaga tekanan darah, kandungan kalium di dalam gula palem juga mampu menjaga aktivitas sistem saraf tetap berjalan dengan baik. Saat aktivitas sistem saraf, seperti otak, sumsum tulang belakang, dan jaringan saraf, berjalan dengan baik, kondisi ini yang mendukung berbagai aktivitas dasar manusia, seperti berpikir, berjalan, dan bernapas.

Menangkal Efek Radikal Bebas

Manfaat gula palem untuk kesehatan selanjutnya adalah melindungi sel-sel tubuh dari paparan efek radikal bebas pemicu terjadinya beragam penyakit kronis, seperti penyakit Alzheimer, kanker, dan aterosklerosis. Manfaat ini berasal dari kandungan antioksidan yang melimpah di dalam gula palem. Selain beberapa manfaat di atas, gula palem disebut baik untuk mencegah slot spaceman terjadinya anemia defisiensi besi, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan menjaga fungsi hati. Namun, klaim manfaat ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

Menyehatkan Saluran Cerna

Gula palem mengandung serat inulin yang memiliki sifat prebiotik. Jenis serat ini berfungsi sebagai asupan makanan untuk menunjang pertumbuhan bakteri baik di dalam usus. Keberadaan bakteri baik di dalam usus dapat menjaga kesehatan saluran cerna, memaksimalkan penyerapan mineral ke dalam tubuh, dan mencegah terjadinya gangguan pencernaan, seperti konstipasi.

Menjaga Kadar Gula Darah

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, gula palem memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dibandingkan jenis gula lainnya. Hal ini berarti, saat dikonsumsi, gula palem akan dicerna lebih perlahan oleh tubuh, sehingga tidak menyebabkan kenaikan kadar gula darah secara drastis. Hal itulah yang membuat gula palem sering kali dianggap sebagai alternatif pemanis yang lebih sehat dibandingkan gula biasa sehingga bisa membantu menurunkan gula darah, terutama untuk para penderita diabetes.

Mengendalikan Tekanan Darah Tetap Stabil

Gaya hidup yang kurang sehat, seperti kurang bergerak, kebiasaan merokok dan minum alkohol, serta mengonsumsi makanan yang tinggi garam, dapat meningkatkan risiko terjadinya tekanan darah tinggi atau hipertensi. Jika tidak segera ditangani, tekanan darah tinggi dapat menyebabkan komplikasi, seperti penyakit jantung dan stroke. Untuk menurunkan tekanan darah, Anda disarankan mengonsumsi makanan tinggi kalium, salah satunya adalah gula palem. Namun, Anda sebaiknya tidak hanya mengonsumsi gula palem untuk memenuhi asupan kalium, sebab asupan gula yang terlalu tinggi justru bisa membuat tekanan darah meningkat.